Sabtu, 01 Oktober 2016

TUGAS PRAKTIKUM PEMROGRAMAN KOMPUTER



TUGAS PRAKTIKUM PEMROGRAMAN KOMPUTER




TUGAS PRAKTIKUM PEMROGRAMAN KOMPUTER

logo unpam



Disusun Oleh:
Nama  :  GUNAWAN BAGUS W
                                         Nim  :  2012080418

                                  


FAKULTAS TEKNIK
PROGRAM STUDY TEKNIK INDUSTRI
UNIVERSITAS PAMULANG
Jl. Surya kencana No.1 Pamulang Barat Tangerang Selatan Telp/Fax. 021-7412566
2015


BABI

LATAR BELAKANG


Pengertian Borland Delphi 7
Delphi adalah salah satu bahasa pemrograman berbasis visual yang digunakan untuk membuat program aplikasi pada komputer (seperti Visual basic). Bahasa pemrograman yang digunakan oleh Delphi sebenarnya merupakan turunan dari bahasa pemrograman pascal, yang dahulu pada Delphi dikenal sebagai objek pascal. Bagi Anda yang telah mengenal bahasa pemrograman pascal, maka mungkin Anda tidak akan terlalu kesulitan dalam mempelajari Delphi.
Delphi relatif lebih mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, disamping itu banyak referensi terutama dalam bentuk buku yang membahas tentang bahasa pemrograman ini. Delphi telah terbukti mampu menghasilkan software-software yang berkualitas, baik yang berskala besar maupun kecil, teknologi yang digunakan pada Delphi pun cukup uptodate.
Sampai saat ini, Borland sebagai perusahaan pembuat Delphi, terus menyempurnakan Delphi mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat. Hal ini menjadikan Delphi sebagai salah satu pilihan utama yang cukup banyak digunakan oleh para programmer di Indonesia khususnya, sebagai tools dalam proyek pengembangan software.
Versi dari Delphi yang digunakan sebagai acuan dari DFN ini adalah Borland Delphi Versi 7, namun meskipun demikian Anda bisa menggunakan Delphi versi lainnya, karena relatif hampir sama. Delphi 7 merupakan versi yang cukup stabil bila digunakan di Windows 98, 2000, XP, bahkan Vista dibandingkan dengan Delphi Versi lainnya.
Borland Delphi merupakan suatu bahasa pemrograman yang memberikan berbagai fasilitas pembuatan aplikasi untuk mengolah teks, grafik, angka, database dan aplikasi web. Program ini mempunyai kemampuan luas yang terletak pada produktifitas, kualitas, pengembangan perangkat lunak, kecepatan kompilasi, pola desain yang menarik serta bahasa pemrogramannya terstruktur dan lengkap. Fasilitas pemrograman dibagi dalam dua kelompok yaitu object dan bahasa pemrograman.
Object adalah suatu komponen yang mempunyai bentuk fisik dan biasanya dapat dilihat. Object biasanya dipakai untuk melakukan tugas tertentu dan mempunyai batasan-batasan tertentu. Sedangkan bahasa pemrograman dapat disebut sekumpulan teks yang mempunyai arti tertentu dan disusun dengan aturan tertentu untuk menjalankan tugas tertentu. Gabungan antara object dengan bahasa pemrograman sering disebut bahasa pemrograman berorientasi object. 
IDE Delphi Merupakan lingkungan pemrograman terpadu yang terdapat dalam Delphi. Dengan IDE semua yang diperlukan dalam pengembangan, dalam kondisi normal, semuanya telah tersedia. Adapun bagian-bagian IDE Delphi yang biasa ditampilkan yaitu :

1. Jendela Utama

Di dalam jendela utama Delphi terdapat menu-menu sebagaimana menu aplikasi Windows umumnya, toolbar yang merupakan langkah cepat dari beberapa menu, dan component palette yaitu gudang komponen yang akan digunakan untuk membuat aplikasi.
2. Object Treeview

Fasilitas ini berguna untuk menampilkan daftar komponen yang digunakan dalam pengembangan aplikasi sesuai dengan penempatannya.

3. Object Inspector

Object ini digunakan untuk mengatur properti dan event suatu komponen. Akan tetapi tidak dapat mengubah langsung properti-properti yang tidak ditampilkan kecuali melalui penulisan kode program.

4. Form Designer

Form adalah komponen utama dalam pengembangan aplikasi. Form designer adalah tempat melekatnya komponen yang lain, dengan arti lain tempat komponen-komponen lain diletakkan.

5. Code Editor, Explorer dan Component Diagram

Code Editor adalah tempat kode program yang diperlukan untuk mengatur tugas aplikasi ditulis. Code Explorer adalah fasilitas yang membantu penjelajahan kode program menjadi lebih mudah. Component Diagram adalah fasilitas yang dapat digunakan untuk membuat diagram komponen-komponen yang digunakan dalam aplikasi.

TUGAS PRAKTIKUM PEMROGRAMAN KOMPUTER
TUGAS I
PROGRAM MENGGUNAKAN 5 KOMPONEN
PENDAHULUAN


Nama              : Gunawan Bagus Widyanto
NIM                                                                  : 2012080418
Nama Dosen   : Aceng Abdul Hamid, S.T., M.M.

A. Gambar Aplikasi


TUGAS 1


B. Ketentuan :
1. Ketika tombol “kelas 1” diklik akan muncul kalimat “tarif harga sewa kamar kelas 1.
2. Ketika tombol “kelas 2” diklik akan muncul kalimat “tarif harga sewa kamar kelas 2.
3. Ketika tombol “kelas 3” diklik akan muncul kalimat “tarif harga sewa kamar kelas 3.
4. Ketika tombol “tutup” diklik akan menutup.

C. Kode Perintah

unit GUNAWAN_5_KOMPONEN1;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls, Buttons, ComCtrls;

type
  TPROGRAM_5_KOMPONEN = class(TForm)
    Label1: TLabel;
    Edit1: TEdit;
    Button1: TButton;
    Button2: TButton;
    Button3: TButton;
    BitBtn1: TBitBtn;
    Label2: TLabel;
    MonthCalendar1: TMonthCalendar;
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
    procedure Button2Click(Sender: TObject);
    procedure Button3Click(Sender: TObject);
    procedure BitBtn1Click(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  PROGRAM_5_KOMPONEN: TPROGRAM_5_KOMPONEN;

implementation

{$R *.dfm}

procedure TPROGRAM_5_KOMPONEN.Button1Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Text:= 'Rp.1000.000';
end;
   procedure TPROGRAM_5_KOMPONEN.Button2Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Text :='Rp.500.000';

end;

procedure TPROGRAM_5_KOMPONEN.Button3Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Text := 'Rp.150.000';

end;

procedure TPROGRAM_5_KOMPONEN.BitBtn1Click(Sender: TObject);
begin
Close;
end;

end.


TUGAS 2
PROGRAM LOGIKA KONDISI

A. Gambar Aplikasi

TUGAS 2


tugAS2-1


B. Ketentuan :
1. Ketika tombol “BARU” diklik akan memulai pengimputan data.
2. Baris “NAMA LENGKAP   harus di isi untuk pendataan .
3. Baris “NILAI TUGAS  harus di isi untuk mendataan nilai.
4. Baris “NILAI MID  harus di isi untuk mendataan nilai.
5. Baris “NILAI SEMESTERAN  harus di isi untuk mendataan nilai.
6. Ketika tombol “PROSES” diklik akan memproses penghitungan nilai nilai yang sudah masuk.
7.Ketika tombol “KELUAR” diklik akan menutup aplikasi..

C. Kode Perintah

unit GUNAWAN_LOGIKA_KONDISI2;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls, Buttons;

type
  TForm1 = class(TForm)
    GroupBox1: TGroupBox;
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Label3: TLabel;
    Edit1: TEdit;
    Edit2: TEdit;
    Edit3: TEdit;
    Edit4: TEdit;
    BitBtn1: TBitBtn;
    BitBtn2: TBitBtn;
    Label4: TLabel;
    Label5: TLabel;
    procedure BitBtn1Click(Sender: TObject);
    procedure BitBtn2Click(Sender: TObject);
    procedure FormActivate(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  Form1: TForm1;

implementation

uses GUNAWAN_LOGIKA_KONDISI1;

{$R *.dfm}

procedure TForm1.BitBtn1Click(Sender: TObject);
var
total, akhir:integer;

begin
Form2.Show;
total:=
StrToInt(Edit2.Text)+StrToInt
(Edit3.Text)+StrToInt(Edit4.Text);
Form2.Edit1.Text:=IntToStr(total);
akhir:=total div 3;
Form2.Edit2.Text:=IntToStr(akhir);
if akhir>=85 then
Form2.Edit3.Text:='A'
else if akhir>=70 then
Form2.Edit3.Text:='B'
else if akhir>=60 then
Form2.Edit3.Text:='C'
else if akhir>=50 then
Form2.Edit3.Text:='D'

else

Form2.Edit3.Text:='E';
//keterangan
if form2.Edit3.Text='E'then

Form2.Label5.Caption:='Tidak Lulus'
else

Form2.Label5.Caption:='Lulus';

end;

procedure TForm1.BitBtn2Click(Sender: TObject);
begin
Edit1.Enabled:=True;
Edit2.Enabled:=True;
Edit3.Enabled:=True;
Edit4.Enabled:=True;
Form2.Edit1.Enabled:=True;
Form2.Edit2.Enabled:=True;
Form2.Edit3.Enabled:=True;
BitBtn1.Enabled:=True;
Edit1.Text:='';
Edit2.Text:='0';
Edit3.Text:='0';
Edit4.Text:='0';
Form2.Edit1.Text:='';
Form2.Edit2.Text:='';
Form2.Edit3.Text:='';
Form2.Label5.Caption:='-';
Edit1.SetFocus;
end;


procedure TForm1.FormActivate(Sender: TObject);
begin
Edit1.Enabled:=False;
Edit2.Enabled:=False;
Edit3.Enabled:=False;
Edit4.Enabled:=False;
Form2.Edit1.Enabled:=False;
Form2.Edit2.Enabled:=False;
Form2.Edit3.Enabled:=False;
BitBTn1.Enabled:=False;
end;

end.



TUGAS 3
PROGRAM PERULANGAN

A. Gambar Aplikasi

Tugas 3-1

Tugas 3




B. Ketentuan :
1. Baris edit “KATA YANG DIULANG   harus di isi untuk pendataan data yang     akan diulang
2. Baris edit “JUMLAH PENGULANGAN   harus di isi untuk berapa yang harus diulang.
3. Ketika tombol “PROSES” diklik akan memproses penghitungan berapa yang akan diulang .
4. Ketika tombol “HAPUS” diklik akan menghapus data  .
5. Ketika tombol “KELUAR” diklik akan keluar dari aplikasi.

C. Kode Perintah

unit GUNAWAN_PERULANGAN;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls;

type
  TPROGRAM_PERULANGAN = class(TForm)
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Edit1: TEdit;
    Button1: TButton;
    Button2: TButton;
    Button3: TButton;
    Label3: TLabel;
    Edit2: TEdit;
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
    procedure Button2Click(Sender: TObject);
    procedure Button3Click(Sender: TObject);
    procedure ListBox1Click(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  PROGRAM_PERULANGAN: TPROGRAM_PERULANGAN;

implementation

uses GUNAWAN_PERULANGAN1;

{$R *.dfm}

procedure TPROGRAM_PERULANGAN.Button1Click(Sender: TObject);
var i,j:integer;

begin
form2.Show;
j:=strtoint(edit2.Text);
for i:=1 to j do
form2.ListBox1.Items.add(edit1.Text)
end;

procedure TPROGRAM_PERULANGAN.Button2Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Clear;
edit2.Clear;
form2.ListBox1.Clear;
end;

procedure TPROGRAM_PERULANGAN.Button3Click(Sender: TObject);
begin
close;
end;

procedure TPROGRAM_PERULANGAN.ListBox1Click(Sender: TObject);
begin
form2.Show
end;

end.













TUGAS 4
PROGRAM PROCEDURE & FUNCTION

A. Gambar Aplikasi

tugas4

tugas4-1

B. Ketentuan :
1. Baris edit “PANJANG   harus di isi nilai untuk penghitungan.
2. Baris edit “LEBAR   harus di isi nilai untuk penghitungan.
3. Baris edit “TINGGI   harus di isi nilai untuk penghitungan.
4. Ketika tombol “PROSES” diklik akan memproses penghitungan  .
5. Ketika tombol “INPUT LAGI” diklik akan menghapus data  .
6. Ketika tombol “SELESAI” diklik akan keluar dari aplikasi.

C. Kode Perintah

unit GUNAWAN_FUNCTION_PROCEDURE;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls;

type
  TFormbalok = class(TForm)
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Label3: TLabel;
    hasil: TLabel;
    Btok: TButton;
    Btlagi: TButton;
    btSelesai: TButton;
    edpanjang: TEdit;
    Edlebar: TEdit;
    edtinggi: TEdit;
    Label4: TLabel;
    Label5: TLabel;
    procedure BtokClick(Sender: TObject);
    procedure BtlagiClick(Sender: TObject);
    procedure btSelesaiClick(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
  Procedure bersihlayar;
    { Public declarations }
  end;

var
  Formbalok: TFormbalok;

implementation

{$R *.dfm}

procedure Tformbalok.bersihlayar;
begin
edpanjang.Text:='';
edlebar.Text:='';
edtinggi.Text:='';
edpanjang.SetFocus;
end;
function Volume(x,y,z:real):real;
begin
Volume:=x*y*z;
end;

procedure TFormbalok.BtokClick(Sender: TObject);

var p,l,t,V:real;
begin
p:=StrToFloat (edpanjang.Text);
l:=StrToFloat (edlebar.Text);
t:=StrToFloat (edtinggi.Text);
V:=Volume(p,l,t);
Hasil.Caption :='Volumenya adalah' + FloatToStr(v)+'';
end;

procedure TFormbalok.BtlagiClick(Sender: TObject);
begin
Bersihlayar;
end;

procedure TFormbalok.btSelesaiClick(Sender: TObject);
begin
close;
end;
end.






























































 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar