TUGAS PRAKTIKUM PEMROGRAMAN KOMPUTER
TUGAS
PRAKTIKUM PEMROGRAMAN KOMPUTER

Disusun
Oleh:
Nama : GUNAWAN
BAGUS W
Nim :
2012080418
FAKULTAS
TEKNIK
PROGRAM
STUDY TEKNIK INDUSTRI
UNIVERSITAS
PAMULANG
Jl. Surya kencana No.1 Pamulang
Barat Tangerang Selatan Telp/Fax. 021-7412566
2015
BABI
LATAR BELAKANG
Pengertian Borland Delphi 7
Delphi adalah salah satu bahasa pemrograman berbasis visual yang digunakan
untuk membuat program aplikasi pada komputer (seperti Visual basic). Bahasa
pemrograman yang digunakan oleh Delphi sebenarnya merupakan turunan dari bahasa
pemrograman pascal, yang dahulu pada Delphi dikenal sebagai objek pascal. Bagi
Anda yang telah mengenal bahasa pemrograman pascal, maka mungkin Anda tidak
akan terlalu kesulitan dalam mempelajari Delphi.
Delphi relatif lebih mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman
lainnya, disamping itu banyak referensi terutama dalam bentuk buku yang
membahas tentang bahasa pemrograman ini. Delphi telah terbukti mampu
menghasilkan software-software yang berkualitas, baik yang berskala besar
maupun kecil, teknologi yang digunakan pada Delphi pun cukup uptodate.
Sampai saat ini, Borland sebagai perusahaan pembuat Delphi, terus
menyempurnakan Delphi mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat. Hal
ini menjadikan Delphi sebagai salah satu pilihan utama yang cukup banyak
digunakan oleh para programmer di Indonesia khususnya, sebagai tools dalam
proyek pengembangan software.
Versi dari Delphi yang digunakan sebagai acuan dari DFN ini adalah Borland
Delphi Versi 7, namun meskipun demikian Anda bisa menggunakan Delphi versi
lainnya, karena relatif hampir sama. Delphi 7 merupakan versi yang cukup stabil
bila digunakan di Windows 98, 2000, XP, bahkan Vista dibandingkan dengan Delphi
Versi lainnya.
Borland Delphi merupakan suatu bahasa pemrograman
yang memberikan berbagai fasilitas pembuatan aplikasi untuk mengolah teks,
grafik, angka, database dan aplikasi web. Program ini mempunyai kemampuan luas
yang terletak pada produktifitas, kualitas, pengembangan perangkat lunak,
kecepatan kompilasi, pola desain yang menarik serta bahasa pemrogramannya
terstruktur dan lengkap. Fasilitas pemrograman dibagi dalam dua kelompok yaitu
object dan bahasa pemrograman.
Object adalah suatu komponen yang mempunyai bentuk
fisik dan biasanya dapat dilihat. Object biasanya dipakai untuk melakukan tugas
tertentu dan mempunyai batasan-batasan tertentu. Sedangkan bahasa pemrograman
dapat disebut sekumpulan teks yang mempunyai arti tertentu dan disusun dengan
aturan tertentu untuk menjalankan tugas tertentu. Gabungan antara object dengan
bahasa pemrograman sering disebut bahasa pemrograman berorientasi object.
IDE Delphi Merupakan lingkungan pemrograman terpadu yang terdapat
dalam Delphi. Dengan IDE semua yang diperlukan dalam pengembangan, dalam
kondisi normal, semuanya telah tersedia. Adapun bagian-bagian IDE Delphi yang
biasa ditampilkan yaitu :
1. Jendela Utama
Di dalam jendela utama Delphi terdapat menu-menu
sebagaimana menu aplikasi Windows umumnya, toolbar yang merupakan langkah cepat
dari beberapa menu, dan component palette yaitu gudang komponen yang akan digunakan
untuk membuat aplikasi.
2. Object Treeview
Fasilitas ini berguna untuk menampilkan daftar
komponen yang digunakan dalam pengembangan aplikasi sesuai dengan
penempatannya.
3. Object Inspector
Object ini digunakan untuk mengatur properti dan
event suatu komponen. Akan tetapi tidak dapat mengubah langsung
properti-properti yang tidak ditampilkan kecuali melalui penulisan kode
program.
4. Form Designer
Form adalah komponen utama dalam pengembangan
aplikasi. Form designer adalah tempat melekatnya komponen yang lain, dengan
arti lain tempat komponen-komponen lain diletakkan.
5. Code Editor, Explorer dan Component Diagram
Code Editor adalah tempat kode program yang
diperlukan untuk mengatur tugas aplikasi ditulis. Code Explorer adalah
fasilitas yang membantu penjelajahan kode program menjadi lebih mudah.
Component Diagram adalah fasilitas yang dapat digunakan untuk membuat diagram
komponen-komponen yang digunakan dalam aplikasi.
TUGAS PRAKTIKUM PEMROGRAMAN KOMPUTER
TUGAS I
PROGRAM MENGGUNAKAN 5 KOMPONEN
PENDAHULUAN
Nama : Gunawan Bagus Widyanto
NIM : 2012080418
Nama Dosen : Aceng Abdul
Hamid, S.T., M.M.
A.
Gambar Aplikasi

B. Ketentuan :
1. Ketika tombol “kelas 1” diklik akan muncul kalimat
“tarif harga sewa kamar kelas 1.
2. Ketika tombol “kelas 2” diklik akan muncul kalimat
“tarif harga sewa kamar kelas 2.
3. Ketika tombol “kelas 3” diklik akan muncul kalimat
“tarif harga sewa kamar kelas 3.
4. Ketika tombol “tutup” diklik akan menutup.
C.
Kode Perintah
unit GUNAWAN_5_KOMPONEN1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants,
Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls, Buttons, ComCtrls;
type
TPROGRAM_5_KOMPONEN = class(TForm)
Label1: TLabel;
Edit1: TEdit;
Button1: TButton;
Button2: TButton;
Button3: TButton;
BitBtn1: TBitBtn;
Label2: TLabel;
MonthCalendar1: TMonthCalendar;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
procedure Button2Click(Sender: TObject);
procedure Button3Click(Sender: TObject);
procedure BitBtn1Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
PROGRAM_5_KOMPONEN: TPROGRAM_5_KOMPONEN;
implementation
{$R *.dfm}
procedure
TPROGRAM_5_KOMPONEN.Button1Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Text:=
'Rp.1000.000';
end;
procedure
TPROGRAM_5_KOMPONEN.Button2Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Text
:='Rp.500.000';
end;
procedure
TPROGRAM_5_KOMPONEN.Button3Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Text :=
'Rp.150.000';
end;
procedure
TPROGRAM_5_KOMPONEN.BitBtn1Click(Sender: TObject);
begin
Close;
end;
end.
TUGAS 2
PROGRAM LOGIKA KONDISI
A.
Gambar Aplikasi


B. Ketentuan :
1. Ketika tombol “BARU” diklik akan memulai pengimputan
data.
2. Baris “NAMA LENGKAP “ harus di isi untuk pendataan .
3. Baris “NILAI TUGAS
“ harus di isi untuk mendataan nilai.
4. Baris “NILAI MID
“ harus di isi untuk mendataan nilai.
5. Baris “NILAI SEMESTERAN
“ harus di isi untuk mendataan nilai.
6. Ketika tombol “PROSES” diklik akan memproses
penghitungan nilai nilai yang sudah masuk.
7.Ketika tombol “KELUAR” diklik akan menutup aplikasi..
C.
Kode Perintah
unit GUNAWAN_LOGIKA_KONDISI2;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils,
Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls, Buttons;
type
TForm1 = class(TForm)
GroupBox1: TGroupBox;
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Label3: TLabel;
Edit1: TEdit;
Edit2: TEdit;
Edit3: TEdit;
Edit4: TEdit;
BitBtn1: TBitBtn;
BitBtn2: TBitBtn;
Label4: TLabel;
Label5: TLabel;
procedure BitBtn1Click(Sender:
TObject);
procedure BitBtn2Click(Sender:
TObject);
procedure FormActivate(Sender:
TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
uses GUNAWAN_LOGIKA_KONDISI1;
{$R *.dfm}
procedure TForm1.BitBtn1Click(Sender: TObject);
var
total, akhir:integer;
begin
Form2.Show;
total:=
StrToInt(Edit2.Text)+StrToInt
(Edit3.Text)+StrToInt(Edit4.Text);
Form2.Edit1.Text:=IntToStr(total);
akhir:=total div 3;
Form2.Edit2.Text:=IntToStr(akhir);
if akhir>=85 then
Form2.Edit3.Text:='A'
else if akhir>=70 then
Form2.Edit3.Text:='B'
else if akhir>=60 then
Form2.Edit3.Text:='C'
else if akhir>=50 then
Form2.Edit3.Text:='D'
else
Form2.Edit3.Text:='E';
//keterangan
if form2.Edit3.Text='E'then
Form2.Label5.Caption:='Tidak Lulus'
else
Form2.Label5.Caption:='Lulus';
end;
procedure TForm1.BitBtn2Click(Sender: TObject);
begin
Edit1.Enabled:=True;
Edit2.Enabled:=True;
Edit3.Enabled:=True;
Edit4.Enabled:=True;
Form2.Edit1.Enabled:=True;
Form2.Edit2.Enabled:=True;
Form2.Edit3.Enabled:=True;
BitBtn1.Enabled:=True;
Edit1.Text:='';
Edit2.Text:='0';
Edit3.Text:='0';
Edit4.Text:='0';
Form2.Edit1.Text:='';
Form2.Edit2.Text:='';
Form2.Edit3.Text:='';
Form2.Label5.Caption:='-';
Edit1.SetFocus;
end;
procedure TForm1.FormActivate(Sender: TObject);
begin
Edit1.Enabled:=False;
Edit2.Enabled:=False;
Edit3.Enabled:=False;
Edit4.Enabled:=False;
Form2.Edit1.Enabled:=False;
Form2.Edit2.Enabled:=False;
Form2.Edit3.Enabled:=False;
BitBTn1.Enabled:=False;
end;
end.
TUGAS 3
PROGRAM PERULANGAN
A.
Gambar Aplikasi


B. Ketentuan :
1. Baris edit “KATA YANG
DIULANG “ harus di isi untuk
pendataan data yang akan diulang
2. Baris edit “JUMLAH
PENGULANGAN “ harus di isi untuk
berapa yang harus diulang.
3. Ketika tombol “PROSES” diklik akan memproses
penghitungan berapa yang akan diulang .
4. Ketika tombol “HAPUS” diklik akan menghapus data .
5. Ketika tombol “KELUAR”
diklik akan keluar dari aplikasi.
C.
Kode Perintah
unit GUNAWAN_PERULANGAN;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils,
Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls;
type
TPROGRAM_PERULANGAN =
class(TForm)
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Edit1: TEdit;
Button1: TButton;
Button2: TButton;
Button3: TButton;
Label3: TLabel;
Edit2: TEdit;
procedure Button1Click(Sender:
TObject);
procedure Button2Click(Sender:
TObject);
procedure Button3Click(Sender:
TObject);
procedure ListBox1Click(Sender:
TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
PROGRAM_PERULANGAN:
TPROGRAM_PERULANGAN;
implementation
uses GUNAWAN_PERULANGAN1;
{$R *.dfm}
procedure TPROGRAM_PERULANGAN.Button1Click(Sender: TObject);
var i,j:integer;
begin
form2.Show;
j:=strtoint(edit2.Text);
for i:=1 to j do
form2.ListBox1.Items.add(edit1.Text)
end;
procedure TPROGRAM_PERULANGAN.Button2Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Clear;
edit2.Clear;
form2.ListBox1.Clear;
end;
procedure TPROGRAM_PERULANGAN.Button3Click(Sender: TObject);
begin
close;
end;
procedure TPROGRAM_PERULANGAN.ListBox1Click(Sender: TObject);
begin
form2.Show
end;
end.
TUGAS 4
PROGRAM PROCEDURE & FUNCTION
A.
Gambar Aplikasi


B. Ketentuan :
1. Baris edit “PANJANG “ harus di isi nilai untuk penghitungan.
2. Baris edit “LEBAR “ harus di isi nilai untuk penghitungan.
3. Baris edit “TINGGI “ harus di isi nilai untuk penghitungan.
4. Ketika tombol “PROSES” diklik akan memproses
penghitungan .
5. Ketika tombol “INPUT LAGI” diklik akan menghapus
data .
6. Ketika tombol “SELESAI”
diklik akan keluar dari aplikasi.
C.
Kode Perintah
unit
GUNAWAN_FUNCTION_PROCEDURE;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants,
Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls;
type
TFormbalok = class(TForm)
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Label3: TLabel;
hasil: TLabel;
Btok: TButton;
Btlagi: TButton;
btSelesai: TButton;
edpanjang: TEdit;
Edlebar: TEdit;
edtinggi: TEdit;
Label4: TLabel;
Label5: TLabel;
procedure BtokClick(Sender: TObject);
procedure BtlagiClick(Sender: TObject);
procedure btSelesaiClick(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
Procedure bersihlayar;
{ Public declarations }
end;
var
Formbalok: TFormbalok;
implementation
{$R
*.dfm}
procedure
Tformbalok.bersihlayar;
begin
edpanjang.Text:='';
edlebar.Text:='';
edtinggi.Text:='';
edpanjang.SetFocus;
end;
function
Volume(x,y,z:real):real;
begin
Volume:=x*y*z;
end;
procedure
TFormbalok.BtokClick(Sender: TObject);
var
p,l,t,V:real;
begin
p:=StrToFloat
(edpanjang.Text);
l:=StrToFloat
(edlebar.Text);
t:=StrToFloat
(edtinggi.Text);
V:=Volume(p,l,t);
Hasil.Caption
:='Volumenya adalah' + FloatToStr(v)+'';
end;
procedure
TFormbalok.BtlagiClick(Sender: TObject);
begin
Bersihlayar;
end;
procedure
TFormbalok.btSelesaiClick(Sender: TObject);
begin
close;
end;
end.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar